Jumat, 30 Mei 2014

Dress Batik Tulis Cantik

Batik tulis merupakan sebuah karya yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Cara untuk mengetahui dress batik tulis asli adalah dengan membalik kainnya dan perhatikan sisi kain sebaliknya itu. Dress batik tulis yang asli, sisi dalamnya memiliki motid dan warna yang hampir sama dengan sisi luarnya. Sedangkan tekstil bermotif batik ataupun batik cap, bila diperhatikan motif dan warna sisi dalam berbeda jauh dengan sisi luarnya.
Dress batik tulis harganya jauh lebih mahal dibanding dress batik yang lainnya dan juga mempunyai jumlah yang terbatas. Jangan terlalu senang bila menjumpai batik dengan harga murah. Walaupun harga merupakan hal yang relatif, namun hal yang perlu diperhatikan bila dress batik tulis yang asli harganya jauh lebih mahal daripada kain tekstil bermotif batik. Dress batik tulis diproses secara tradisional menyebabkan biaya pengerjaannya jauh lebih mahal. Lain halnya dengan tekstil bermotif batik, karena prses pengerjaannya dengan mesin membuat harga jualnya menjadi jauh lebih murah.
Kain batik jarang kita temui dalam bentuk kemasan gulungan. Biasanya kain batik dikemas dalam bentuk lipatan atau dibungkus satu persatu atau set.

Dress batik tulis memang memiliki harga yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan baju batik jenis lainnya. Hal ini dikarenakan pembuatannya yang masih manual menggunakan tangan dan selain itu juga bisa memakan waktu berminggu minggu bahkan berbulan bulan untuk mengerjakakan suatu motif batik tulis yang rumit. Semakin rumit semakin mahal harga dress batik tulis tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar