Senin, 19 Mei 2014

Museum Baju Batik

Museum Batik Yogyakarta adalah museum baju batik yang pertama di Jogja. Pendirian museum ini diprakasai oleh Hadi Nugroho, sang pemilik musem. Museum swasta ini terletak di Jalan Dr. Sutomo 13-A Yogyakarta.
Museum ini menyimpan lebih dari 1.200 koleksi berbagai jenis batik yang terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 baju batik cap, 124 canting, dan 35 wajan serta bahan pewarna, termasuk malam.
Koleksi museum antara lain baju batik gaya Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan gaya tradisional lainnya dalam bentuk kain panjang, sarung, dan sebagainya. Beragam motif juga dijumpai disini, misalnya motif pesisiran, pinggiran, terang bulan dan motif esuk-sore.
Beberapa koleksinya yang terkenal antara lain : kain panjang Soga Jawa (1950-1960), Kain panjang Soga ergan lama, Sarung isen isen antik dan lain lain. Semua koleksi yang ada dalam museum ini diperoleh dari keluarga pendiri museum baju batik di Jogjakarta. Koleki tertua nya adalah batik buatan tahun 1840.
Di museum ini ada tiga ruangan. Di ruang terdepan di pajang bermacam alat membatik. Selanjutnya pengunjung dipandu ke ruang koleksi batik soga Yogya dan Solo. Terakhir pengunjung dapat menikmati koleksi baju batik pesisiran.
Selain museum batik ada juga yang disebut balai batik. Lembaga yang berlokasi di Jalan Kusumanegara ini menyiapkan tenaga dan ruangan khusus bagi kita yang ingin belajar membatik. Biaya yang dikeluarkan bervariasi sesuai durasi kursus yang diinginkan. Kita juga bisa melihat beragam karya baju batik nusantara yang dipamerkan di Balai Batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar