Kamis, 01 Mei 2014

Blus batik Keraton



Batik keraton ditemukan di Yogyakarta dan Solo. Motif seni batik keraton memiliki arti filosofis dan sarat akan makna kehidupan. Blus batik untuk keraton gambarnya rumit dan halus, serta hanya memiliki beberapa warna. Misal warna biru, kuning muda, atau putih. Motif kuno keraton seperti pola panji (pola yang berasal dari abad ke 14), kawung yang diciptakan oleh Sultan Agung (1613-1645) dan parang serta motif anyaman seperti tirta teja.
Motif batik yang diperuntukkan bagi raja dan keturunannya di lingkungan istana memiliki ciri khas tersendiri, misal motif lereng atau parang merupakan ciri khas batik mataram. Sejarahnya dimulai dari berdirinya kerajaan Mataram Islam oleh Panembahan Senopati. Setelah memindahkan pussat kerajaan dari pajang ke Mataram, beliau sering melakukan tapa brata di sepanjang Pesisir selatan, menyisir pantai parang kusuma ke Dlepih Parang Gupita, Sang Raja menelusuri tebing  pegunungan seribu yang tampak seperti pereng atau tebing berbaris. Sebagai seseorang yang menguasai seni tempat pengembaraan itu mnegilhami karya cipta motif batik lereng atau parang. Karena penciptanya adalah pendiri mataram maka hak eksklusif diberikan hanya bagi raja dan keturunannya. Rakyat dilarang menggunakan motif ini. Larangan ini awalnya dicanangkan oleh Sri Sltan HB I pada tahun 1785, yang antara lain termasuk kain motif parang rusak barong. Terakhir, Sri Sultan HB VIII menetapkan reisi larangan dengan membat Pranatan Dalem Namanipun Pengangge Keprabon ing Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat. Yang dimuat dalam Rijksblad van Djokjakarta No 19 tahun 1972. Pranatan ini sampai sekarang tidak diperbahurui, tetapi mnjai semacam pranatan tak tertulis an kemudian menjadi tradisi di lingkungan keraton.
Batik tradisional tetap mempertahankan oraknya an masih dipakai dalam upacara adat karena masing masing corak memiliki perlambang dan nilai filosofis tersendiri. Blus batik saat ini juga telah berkembang dan dipakai dalam berbagai jenis baju, yang paling banyak dipergunakan adalah jenis blus batik karena baju jenis ini banyak dipakai kaum wanita untuk pergi kekantor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar