Senin, 21 Juli 2014

Persiapan Membuat Baju Batik

Dalam memilih jenis kain batik yang akan dipergunakan sebagai bahan untuk membuat sebuah baju batik, perlu diperhatikan beberapa hal yang cukup penting agar baju batik yang kita dapatkan dapat jadi sesuai dengan keinginan kita dan yang tidak kalah penting dapat disesuaikan dengan anggaran belanja baju batik yang telah kita persiapkan. Tipe jenis kain adalah hal pertama yang harus kita perhatikan dalam pemilihan kain untuk dibuat sebagai baju batik. Terdapat kain dengan berbagai macam jenis yang biasa untuk dipakai dalam pembuatan baju batik. 
Beberapa kain batik yang biasa dipergunakan sebagai bahan kain batik adalah kain katun, kain dobi, kain viscos, dan juga kain sutra. Kain dengan jenis kain katun masih dapat dibedakanlagi menjadi dua jenis utama yaitu kain dengan jenis katun prima dan kain dengan jenis katun primis. Kain yang memiliki jenis katun prima adalah kain yang memiliki kualitas yang berada dibawah kualitas dari kain katun prismis yang memiliki tekstur lebih halus. Katun jenis prima ataupun kain katun dengan jenis primis, masih mempunyai beberapa tingkatan kain yang berbagai jenis yang dapat dibedakan dari dari tekstrur kain yang kasar, kemudian agak kasar hingga yang memiliki tekstur kain yang halus dan kain yang memiliki tekstur paling halus.
Kain jenis lain yang biasa dipergunakan sebagai kain untuk bahan batik adalah kain berjenis dobi, kain dengan jenis dobi juga bisa disebut sebagai kain dengan kualitas setengah sutra. Kain jenis  dobi ini juga terdiri dari  beberapa tingkatan dalam tingkat kehalusan kain seperti halnya tingkatan kehalusan kain  pada kain katun prima dan kain katun primis. Tingkatan kehalusan kain ada dobi dimulai dari tingkat kain dobi yang paling kasar hingga tingkat kain dobi yang paling halus, walaupun demikian kain dengan jenis dobi memang mempunyai ciri khas dengan kekasaran teksturnya, sehingga tingkat kehalusan yang ada pada kain dobi masih dapat dirasakan tonjolan serat-serat nya yang bertekstur agak kasar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar