Kamis, 10 Juli 2014

Baju Batik di Sentra Batik Sragen

Selain kota Solo dan Yogyakarta yang sudah sangat terkenal sebagai kota produsen batik, kota Sragen juga memiliki sebuah sentra batik yang disebut dengan Sentra Batik Kliwonan. Sentra batik Kliwon ini terletak di daerah Kecamatan Masaran. Sentra batik Kliwon terdiri dari beberapa desa yang cukup berdekatan diantaranya adalah Desa Kliwonan, kemudian desa Pilang dan juga desa Sidodadi. Selain tiga desa yang terebut di atas masih ada juga beberapa desa lainnya yang juga menjadi sentra batik, desa desa itu adalah desa yang terletak di daerah kecamatan Plupuh yakni Desa Jabung, desa Gedongan dan juga desa Pungsari.
DI dalam sentra baju batik Kliwonan terdapat sekitar 85 UKM yang memproduksi baju batik. Sentra baju batik Klionan ini telah mampu menyerap lebih kurang lima ribu tenaga pengrajin batik. Kapasitas produksi yang dihasilkan oleh sentra batik ini dalam setahun mampu untuk menghasilkan berbagai jenis baju batik dengan jenis batik yang bermacam macam. Jenis baju batik sutra yang terbuat dari alat tenun bukan mesin (ATBM) yang bisa dihasilkan dalam setahun sebanyak lima puluh ribu potong dan jenis baju batik katun sebanyak 365.000 potong. Sebagian besar UKM yang ada disini memproduksi baju batik dengan jenis yang menggabungkan antara baju batik tulis dan baju batik jenis cap, atau juga mengkombinasikan antara batik tulis dan batik printing manual. Sedangkan jenis UKM yang masih tekun untuk menekuni murrni baju batik tulis ada lebih kurang lima belas unit UKM.
Para pengrajin baju batik ini mempunyai keahlian dalam hal membuat baju batik yang didapat secara turun temurun dari para pendahulu mereka. Kesenian baju batik ini memang diturunkan dari orang tua ke para anak-anaknya secara turun temurun dari generasi ke generasi. Masyarakat desa daerah ini udah mengaggap bahwa yang namanya membuat kerajinan baju batik itu sudah bukanlah suatu hal yang asing bahkan di desa ini anak-anak kecil sudah dikenalkan dan banyak yang sudah bisa membatik.

Desa Wisata Baju Batik Kliwonan termasuk dalam daerah yang termasuk di kabupaten Sragen yang terletak di Jawa Tengah. Untuk dapat mencapai Desa Wisata baju Batik Kliwonan jalan yang ditempuh cukup mudah dan nyaman untuk dilewati. Lokasi ini berjarak sekitar lima belas kilometer sebelah timur laut dari arah kota solo atau berjarak dua belas kilometer diarah selatan dari pusat kota Sragen. Untuk dapat mencapai wilayah ini dari arah kota Solo, jalan yang kita tempuh hanya membutuhkan waktu sekitar dua puluh menit dengan mengendarai mobil atau bus. Kita akan melalui jalan utama menuju Solo-Surabaya, setelah itu kita akan melewati gapura yang menjadi batas Kabupaten Karangayar dan kemudian kita akan memasuki kecamatan Sragen, setelah memasuki kecamatan itu tanda yang menunjukkan arah ke desa Wisata Batik Kliwonan dapat dengan mudah dijumpai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar