Rabu, 20 Agustus 2014

Peralatan Membuat Baju Batik

Peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat batik terdiri dari berbagai macam jenis. Pada umumnya alat dan bahan yang akan dipakai untuk membatik sangat mudah untuk didapatkan. Di setiap daerah terutama daerah yang merupakan sentra kerajinan baju batik, pasti memiliki pasar atau toko yang menjual peralatan yang akan dipergunakan untuk membatik. Hal ini tentu akan mempermudah bagi mereka yang ingin belajar atau mengetahui lebih dalam bagaimana cara membuat batik. Berikut ini adalah beberaa peralatan dan bahan yang dipergunakan oleh para pengrajin batik pada umumnya.
Alat yang biasa dipergunakan oleh para pengrajin baju batik terdiri dari beberapa jenis. Setiap alat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Beberapa peralatan yang dipergunakan untuk membatik diantaranya adalah gawangan. Gawangan adalah perkakas yang dipergunakan untuk meletakkan dan membentangkan kain motif saat nanti akan dibatik. Gawangan dapat dibuat dari  kayu atau bambu. Gawangan harus mudah untuk dipindahkan dan juga harus kuat dan juga tidak terlalu berat atau berbobot ringan.
Alat selanjutnya yang biasa dipergunakan untuk membatik adalah bandul. Sebenarnya pekerjaan membatik ini masih bisa dikerjakan tanpa menggunakan bandul. Tetapi jika kita menginginkan kain yang baru dibatik itu tidak tergeser akibat tiupan angin atau tertarik secara tidak sengaja oleh para pengrajin batik maka bandul dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam proses pembuatan batik ini. Bandul memiliki fungsi untuk menahan kain mori agar tidak tergeser pada waktu menjalani proses membatik. Bandul ini dapat dibuat dari beragam jenis bahan seperti timah, kayu ataupun menggunakan batu yang kemudian diletakkan dalam sebuah kantong.

Alat selanjutnya yang digunakan untuk membatik adalah wajan. Wajan adalah peralatan yang nantinya dipergunakan bersama kompor untuk melakukan proses pencairan lilin atau malam yang akan dibubuhkan diatas kain batik. Wajan yang dipergunakan untuk membatik bisa terbuat dari logam baja ataupun bisa juga yang terbuat dari tanah liat. Pemilihan wajan untuk dipergunakan sebagai alat membatik sebaiknya dipilih yang menggunakan tangkai. Hal ini untuk mempermudah pemindahan wajan tersebut dari kompor. Wajan yang terbuat dari tanah liat pada umumnya lebih baik daripada wajan logam, salah satu sebabnya adalah karena tangkainya tidak mudah panas, tetapi dalam hal memanaskan lilin, wajan tanah liat ini berkerja lebih lama dalam memanaskan lilin atau malam yang akan dipergunakan untuk membatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar