Kamis, 07 Agustus 2014

Motif Batik Yang Berawalan Kata Sida

Batik dengan jenis pembuatan batik tulis banyak yang mengunakan kata yang memakai awalan kata sida, beberapa motif batik tersebut diantaranya adalah motif batik Sida Mukti. Motif batik tulis sida mukti adalah sebuah motif baju batik yang zat pewarnanya terbuat dari zat pewarna soga alam. Motif batik Sida Mukti ini biasanya dipakai sebagai kain yang dipergunakan untuk upacara pernikahan. Motif baju batik Sida Mukti ini mengandung sebuah makna yang melambangkan kemakmuran ataupun sebuah harapan bagi sang pengantin untuk dapat menggapai kebahagiaan secara lahir dan juga kebahagian batin. Kemakmuran tidak selamanya hanya memiliki sifat yang materi. Kemakmuran materi dapat diperoleh jika kita bekerja keras dan penuh dengan ketekunan, tetapi selain kemakmuran materi manusia diharapkan juga dapat mencapai keluhuran budi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Motif batik yang berawalan dia yang lain adalah motif batik tulis Sida Mulyo. Motif baju batik yang bernama sido mulya ini merupakan sebuah gambaran pengharapan yang memiliki kandungan arti dharma, arti kemakmuran, dan juga bermakna untuk melindungi bumi. Batik Sida Mulyo ini terbag lagi menjadi beberapa motif turunannya seperti motif Batik Sido Mulyo Semen, Sido disini memiliki artian terus menerus, sementara kata mulyo memiliki arti serba berkecukupan dan juga menggapai kemakmuran. Motif batik ini merupakan sebuah harapan agar pengguna batik dengan motif Sida Mulya Semen ini diberikan segala hal yang berkecukupan dan juga mendapat kemakmuran yang diperoleh secara terus menerus dalam kehidupannya.

Selain itu ada motif batik sida di atas masih ada lagi motif batik sida yang lain salah satunya adalah motif batik yang bernama motif sida asih. Motif batik Sida Asih ini mempunyai makna yang terkandung sebagai sebuah harapan agar setiap manusia di muka bumi ini dapat memperoleh dan memberikan rasa saling menyayangi, saling mengasihi dan juga memberikan cinta kasih antara sesama manusia dan juga di lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar