Jumat, 21 Februari 2014

Batik dalam perkembangan teknologi

Kemajuan teknologi industri yang amat pesat serta dinamika aspirasi konsumen dewasa ini telah mmbuka berbagai kemungkinan baru dalam dunia pembuatan produk produk tekstil sehingga semakin meningkatkan keanekaragaman pada fungsi fungsinya. Batik semakin dikenal dan semakin tinggi tingkat persaingannya dibanding masa masa sebelumnya.
Selama lebih dari seratus lima puluh tahun batik telah mengalami berbagai macam perkembangan dan dari berbagai macam aspek. Batik tidak hanya mendapat pengaruh dari masyarakat lokal tetapi mendapat pengaruh yang cukup besar dari para pendatang seperti para pedagang dari Cina, arab dan juga dari bangsa eropa. Bangsa bangsa tersebut juga menunjukkan ketertarikan nya dalam batik dan mempelopori timbulnya berbagai jenis motif dan warna yang berasal dari negara asli mereka. Batik dalam perkembangannya telah menyerap berbagai pengaruh dari berbagai macam bangsa dan ini lah yang menyebabkan batik menjadi budaya yang kuat karena batik sangat terbuka untuk sesuatu hal yang baru tetapi batik juga tetap mempunyai pakem pakem yang sesuai dengan budaya aslinya.

Karena karakter yang sangat khas itu batik tidak cukup hanya disebut sebagai seni tetapi juga perlu di cermati juga untuk aspek estetika dan juga dari aspek teknis nya. Bentuk bentuk corak dan pembuatan corak yang bukan mencerminkan kekhasan daerah yang secara tradisional dikenal sebagai pusat pembatikan sulit mendapatkan pengakuan sebagai batik, walaupun secara teknis pembuatan melalui proses membatik pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar